:: my PR was decreased ::

Yeah, that is right, this morning I have checked my blog (Mogi on BlogMood.2 a.k.a http://blog.cybermogi.net) and found that my pagerank was decreased from 4 to 3, hahahaha… I think that just because my last article about Google and Bing, I compared my default search engine, Google and Bing. In that article’s conclusion, I said that Bing is better than Google. But I hope, Google will do self introspection and self analysis to its graphical user interface and its application flows, because as far as I see (and use), I found that Google was never improve its user interface, and its application flows was really really bad. Users (common users that do not know about Internet or computer) can not decide and can not see the different between advertise links and search result links in the result page. As long as I see, users (the common users) always clicks only the top one or two link when they search for something in Google result page, because they think this link is the best result (of course because the links has different background color and different border). The users was trapped by Google user interface and application flow.

I only wish, perhaps Google someday will fix that and improve its weakness. I know that Google has great a lot of scientists and programmers around the world, has a lot of user interface expert, and has gigantic budget to develop Internet over the world. Thanks for Google.

:: Bagaimana Google Mencari, Mengumpulkan dan Merangking Kata Kunci ::

Judul Asli :
Bagaimana Google Mencari, Mengumpulkan dan Merangking Kata Kunci

Untuk belajar SEO mungkin hal yang paling tepat adalah sedikit mengerti mengenai teknologi atau teori yang digunakan oleh mesin pencari dalam hal bagaimana mesin pencari (search engine) mengumpulkan dan merangking suatu halaman web, dengan mengetahui teorinya mungkin kita akan mempunyai gambaran bagaimana cara mengisi atau menulis artikel di web.

Google menggunakan teori yang dinamakan “PigeonRank” dimana teori ini diciptakan dan dikembangkan oleh pendiri Google sendiri yaitu Larry Page dan Sergey Brin.

Teori PigeonRank Google :

Mencari dan Meng-index

Pencarian oleh Google dilakukan oleh googlebots (robot google) yg namanya “SPIDERS”, robot ini menghubungi seluruh web server didunia untuk mendapatkan document. Pencarian ini tentu saja tidak membabi buta mencari tetapi juga atas ijin dari web server atau webmaster. Suatu web baru, akan lebih cepat dicari oleh robot Google jika memberitahukan alamat web yang telah dibuat ke pihak Google ( dengan cara mengirimkan daftar alamat atau file sitemap). Dari hasil pencarian, Google memberikan nomer dari setiap dokumen yang diketemukannya.

Langkah berikutnya (setelah mencari halaman web) adalah membuat peng-index-an. Peng-index-an dilakukan dengan cara melakukan pencarian/scan kata dari setiap dokumen/halaman web, dari pencarian ini akan dibuat sebuah daftar kata yang berisi penjelasan bahwa kata tersebut terdapat didokumen mana. Contoh kata “BELAJAR” terjadi dalam dokumen 3, 8, 22, 56, 68, and 92 dan kata “SEO“ terjadi dalam dokumen 2, 8, 15, 22, 68, and 77.

Dari hal tersebut diatas berarti index telah dibuat, langkah selanjutnya adalah me-ranking dan menentukan hubungan antara kata itu. Ketika pengguna Google mengetikan kata “BELAJAR SEO”, maka Google membutuhkan untuk melakukan

1. Mendapatkan semua halaman yang berisi kata “BELAJAR SEO”
2. Meranking halaman yang berhubungan dan relevan

Untuk melakukan pekerjaan ini Google menggunakan ratusan komputer. Dengan membagi perintah kedalam beberapa mesin (komputer), jawaban (menemukan dan menampilkan data) akan lebih cepat diperoleh. Sebagai ilustrasi, ambillah kita akan mengindex buku yang terdiri dari 30 halaman. Jika satu orang mencari sebagian informasi (data) dalam index membutuhkan beberapa detik. Tetapi jika anda memberikan setiap satu halaman index ke satu orang, sehingga dibutuhkan 30 orang maka pencarian akan lebih cepat.

Bagaimana Google mendapatkan halaman dari kata yang dicari?

Dalam kata “BELAJAR” terdapat pada dokumen 3, 8, 22, 56, 68, dan 92 dan kata “SEO” terdapat pada dokumen 2, 8, 15, 22, 68, dan 77. Jadi kata “BELAJAR SEO” terdapat pada dokumen 8, 22 dan 68.

Cara Merangking

Langkah sebelumnya telah dijelaskan bahwa Google sudah mencari dan mengumpulkan semua halaman yang ada di database mereka yang mengandung kata “BELAJAR SEO” dan langkah selanjutnya adalah merangkingnya. Dalam merangking Google mempertimbangkan 2 hal, yaitu: Ada berapa link halaman dari web lain (biasa disebut dengan backlink) dan Kualitas link. Dengan memiliki 5 atau 6 link dari web lain (web yang sudah masuk kedatabase Google dan memiliki rangking bagus) akan lebih berharga dari pada memiliki 10 atau 12 link dari web yang tidak begitu tekrenal (web yang belum masuk ke database Google atau sudah masuk tetapi memiliki rangking rendah).

Pertimbangan lainnya adalah

* penggunaan 2 kata (BELAJAR dan SEO) dalam artikel akan mendapatkan rangking lebih bagus dari pada hanya 1 kata.
* Pengunaan judul dengan kata “BELAJAR” dan “SEO” akan lebih relevan dari pada judul yang tidak menggunakan kata itu tetapi di artikelnya terdiri dari banyak kata itu.

========
NB: ini bukan saya yang nulis, tapi saya ambil dari sini :
gembong.web.id

:: Coding style [just reference] ::

Coding Style from X.org (sumber asli : http://xorg.freedesktop.org/wiki/CodingStyle)

Kemarenan aku iseng-iseng masuk ke X.org rencananya mau upgrade Xorg di komputerku, hehehehe, gak sengaja nemu link ini, kayaknya bagus buat referensi, isi dokumennya gini :

=== begins document ===

Much of this is lifted from the XFree86 CODING doc, which describes the xfree86 DDX and (to a lesser extent) the DIX layer as well.

* Four-space indents
* camelCase function names
* 78-column limit
*

Function return type (and any modifiers, eg static) on a line by itself
*

Keywords punctuated like if (x >= 0)
*

Functions punctuated like doSomethingClever(a, b, c);
*

Opening curly brace on the same line as the control construct: if (foo) {
o

Closing braces aligned with the keyword that opened them (K&R not GNU)
o

else on the same line as the closing } of the preceding if
* Opening curly brace for functions in column 0
*

case aligned in the same column as the switch
* Wrap structs in typedefs
*

ANSI prototypes for all new code; convert K&R declarations to ANSI with care

Notable objectionable things in the current coding style:

* Most structs have a typedef both for the struct and for a pointer to the struct.

=== ends document===

semoga bisa jadi referensi yang berguna yak…

mogi

2007

:: membangun server dengan PWU, berbasis PSP ::

langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. download source/binary freePascal dari situsnya [http://freepascal.org].

2. download source/binary PWU dari situsnya [linknya disini…]

3. install freepascal, dengan RPM, atau dengan Source-nya, lebih baik baca README/NOTICE/INSTALL yang disediakan dari penyedia.

4. ekstrak PWU, kemudian tempatkan di /opt atau bisa juga di /etc, sebaiknya jadikan satu direktori.

5. kopikan file pwu_unix.conf ke direktori yang berisikan fiel .psp, misalnya ke /var/www/aplikasiku

6. buat file link/kopi file libpwu*.so yang ada di %dir_pwu%/examples/library/pwu/ ke /usr/lib

7. udah deh, gitu aja

8. konfigurasi ulang untuk file2 pengikutnya, misalnya httpd.conf dan file-file untuk database, misalnya firebird.