:: Antara Mati, Takut Mati dan Siap Mati ::

Sapa yang gak takut mati?
mungkin gak semua orang jawab “saya”, mungkin kebanyakan orang takut mati, itu pasti, tapi ada juga yang tidak takut mati, dan malah siap mati… sebenarnya itu adalah pilihan kita, kita tinggal milih ‘mati’? atau ‘takut mati’? atau ‘siap mati’?
pilihan yang pertama tidaklah enak, dan jelas sangat tidak enak… kalau kita dalam posisi ‘mati’ jelas kita jauh dari 5 kondisi yang dimiliki makhluk hidup, seperti bernafas, bergerak, dan lain sebagainya yang kita dapat di SD dulu, hehehehe… saya lupa…
kemudian pilihan yang kedua, yaitu ‘takut mati’, nah ini juga pilihan yang tidak terlalu menyenangkan, kenapa? karena seumur kita akan terus takut mati, sudah tentu itu, makhluk hidup pasti bisa jadi makhluk mati, ya kan?
kemudian pilihan ketiga, siap mati? siapa yang sudah siap mati? tidak akan terpengaruh oleh yang namanya takut mati, meskipun tahu nantinya dia akan mati… bagaimana menjadi siap mati? hilangkan kelekatan pada dunia ini, pikiran yang penuh kelekatan itu akan selalu menjadi beban bagi diri kita, seperti roda mesin yang bergulir penuh lumpur pasti akan lebih berat daripada roda mesin yang bersih dari lumpur-lumpur… jadi yang manakah yang kita pilih sekarang?